Selasa, 26 April 2011

Mobil Murah Ala Indonesia


Selain India tentunya kita juga punya produk mobil murah ala Indonesia yang dikenal dengan nama Kancil atau kepanjangan dari Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah dibandrol dengan harga sekitar 30-40 jutaan mobil kancil dipasarkan khusus untuk berdampingan dengan Bajaj ataupun upgrading dari bajaj. Untuk saat ini masih digunakan sebagai angkutan umum dalam kota.
Menurut Kresna Didjaya, Corporate Secretary PT Kurnia Abadi Niaga Citra Indah Lestari, selaku produsen mobil Kancil, seperti dikutip dari  Tempo News Room  Saat ini, kata Kresna, mobil tersebut sudah mulai digunakan oleh perseorangan dengan menggunakan nomor polisi berwarna hitam. "Kalau ada yang mau menggunakan sebagai kendaraan pribadi, monggo (silakan)," kata Kresna.

Menurut Kresna, pihaknya memang hanya menjual mobil itu dalam keadaan kosong atau tanpa izin dengan harga Rp 32,5 juta. Izin penggunaan mobil dengan kapasitas mesin 400 CC tersebut sebagai kendaraan pribadi selama ini diurus sendiri oleh konsumen atau melalui pihak distributor.

Kresna mengakui, minat perseorangan terhadap mobil Kancil memang cukup tinggi. "Mereka tertarik dengan bentuknya yang lucu," ujarnya.

Namun, sebagian besar peminat menuntut mobil tersebut dilengkapi dengan AC atau memiliki kenyamanan seperti mobil mewah. Hal itu, kata Kresna, akan sulit diakomodasikan karena pada awalnya Kancil tidak dirancang sebagai mobil pribadi, tetapi sebagai kendaraan niaga atau kendaraan umum. "Kancil sendiri kan merupakan kependekan dari Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah," ujar Kresna.



Deskripsi Mobil Kancil


KANCIL = Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah Kendaraan angkutan umum / niaga, angkutan lingkungan jarak dekat dengan konsep AMAN, NYAMAN, RAMAH LINGKUNGAN, TERJANGKAU, dan MENGHASILKAN (Produktif). - Kendaraan kecil (Micro Car) 4 roda untuk digunakan di lingkungan perkotaan dan perdesaan - Berat kendaraan maksimum (GVW) sebesar 850 kg - Untuk 5 penumpang termasuk pengemudi dan barang - Dapat digunakan juga sebagai kendaraan serba guna untuk jarak dekat - Dirancang dan dikembangkan sendiri oleh putra-putra bangsa Indonesia sebagai Produk Anak Bangsa - Body Fiberglass (FRP) lebih ringan, mudah diperbaiki dan tidak berkarat - Dapat sebagai sarana wirausaha, memberikan sarana bagi rakyat kecil untuk berusaha

SPESIFIKASI CHASSIS 



1. Mesin: 4 langkah, 1 silinder 
2. Kapasitas: 250cc 
3. Diameter x langkah: 67x65mm 
4. Daya maksimum: 11,5 kW / 6500 rpm 
5. Torsi maksimum: 17,5 NM / 5500 rpm 
6. Putaran Maksimum: 7000 rpm 
7. Pengapian: DC-CDI 
8. Sistem Pelumasan: Pompa Oli 
9. Jenis Pelumas: SAE 30 - SE (1,2 ltr) 
10. Starter: Electrik 
11. Transmisi: Manual 5 percepatan dan 1 mundur 
12. Pola Pengoperan gigi: N-1-2-3-4-5-N dan Gigi 1 mundur 
13. Kemudi: Recirculating Ball 
14. Suspensi depan: Mac Pherson Strut 
15. Suspensi Belakang: Gandar Kaku, Trailing Arm, Shock absorber hidrolik dgn Coil Spring, Stabilizer 16. Gandar Belakang: Transaxle differential dgn gigi mundur 1
7. Rem: Drum, Hidrolik 2 circuit 
18. Ukuran Ban: 4,5 - 12 - 8PLT Kapasitas Tangki: 10 liter bensin murni dan atau CNG setara 20ltr

PERFORMANCE 



1. Kecepatan maksimum: 70 km/jam 
2. Daya tanjak: 26 derajat 3. Radius Putar: 3,5 m

ALAMAT PERUSAHAAN 
 

PT.Kurnia Abadi Niaga Citra Indah Lestari
Gedung Aspin lt. 3, Jl. RS. Fatmawati no. 29, Jakarta

2 komentar: