Selasa, 26 April 2011

Mobil Murah Ala Indonesia


Selain India tentunya kita juga punya produk mobil murah ala Indonesia yang dikenal dengan nama Kancil atau kepanjangan dari Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah dibandrol dengan harga sekitar 30-40 jutaan mobil kancil dipasarkan khusus untuk berdampingan dengan Bajaj ataupun upgrading dari bajaj. Untuk saat ini masih digunakan sebagai angkutan umum dalam kota.
Menurut Kresna Didjaya, Corporate Secretary PT Kurnia Abadi Niaga Citra Indah Lestari, selaku produsen mobil Kancil, seperti dikutip dari  Tempo News Room  Saat ini, kata Kresna, mobil tersebut sudah mulai digunakan oleh perseorangan dengan menggunakan nomor polisi berwarna hitam. "Kalau ada yang mau menggunakan sebagai kendaraan pribadi, monggo (silakan)," kata Kresna.

Menurut Kresna, pihaknya memang hanya menjual mobil itu dalam keadaan kosong atau tanpa izin dengan harga Rp 32,5 juta. Izin penggunaan mobil dengan kapasitas mesin 400 CC tersebut sebagai kendaraan pribadi selama ini diurus sendiri oleh konsumen atau melalui pihak distributor.

Kresna mengakui, minat perseorangan terhadap mobil Kancil memang cukup tinggi. "Mereka tertarik dengan bentuknya yang lucu," ujarnya.

Namun, sebagian besar peminat menuntut mobil tersebut dilengkapi dengan AC atau memiliki kenyamanan seperti mobil mewah. Hal itu, kata Kresna, akan sulit diakomodasikan karena pada awalnya Kancil tidak dirancang sebagai mobil pribadi, tetapi sebagai kendaraan niaga atau kendaraan umum. "Kancil sendiri kan merupakan kependekan dari Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah," ujar Kresna.



Deskripsi Mobil Kancil


KANCIL = Kendaraan Angkutan Niaga Cilik Irit Lincah Kendaraan angkutan umum / niaga, angkutan lingkungan jarak dekat dengan konsep AMAN, NYAMAN, RAMAH LINGKUNGAN, TERJANGKAU, dan MENGHASILKAN (Produktif). - Kendaraan kecil (Micro Car) 4 roda untuk digunakan di lingkungan perkotaan dan perdesaan - Berat kendaraan maksimum (GVW) sebesar 850 kg - Untuk 5 penumpang termasuk pengemudi dan barang - Dapat digunakan juga sebagai kendaraan serba guna untuk jarak dekat - Dirancang dan dikembangkan sendiri oleh putra-putra bangsa Indonesia sebagai Produk Anak Bangsa - Body Fiberglass (FRP) lebih ringan, mudah diperbaiki dan tidak berkarat - Dapat sebagai sarana wirausaha, memberikan sarana bagi rakyat kecil untuk berusaha

SPESIFIKASI CHASSIS 



1. Mesin: 4 langkah, 1 silinder 
2. Kapasitas: 250cc 
3. Diameter x langkah: 67x65mm 
4. Daya maksimum: 11,5 kW / 6500 rpm 
5. Torsi maksimum: 17,5 NM / 5500 rpm 
6. Putaran Maksimum: 7000 rpm 
7. Pengapian: DC-CDI 
8. Sistem Pelumasan: Pompa Oli 
9. Jenis Pelumas: SAE 30 - SE (1,2 ltr) 
10. Starter: Electrik 
11. Transmisi: Manual 5 percepatan dan 1 mundur 
12. Pola Pengoperan gigi: N-1-2-3-4-5-N dan Gigi 1 mundur 
13. Kemudi: Recirculating Ball 
14. Suspensi depan: Mac Pherson Strut 
15. Suspensi Belakang: Gandar Kaku, Trailing Arm, Shock absorber hidrolik dgn Coil Spring, Stabilizer 16. Gandar Belakang: Transaxle differential dgn gigi mundur 1
7. Rem: Drum, Hidrolik 2 circuit 
18. Ukuran Ban: 4,5 - 12 - 8PLT Kapasitas Tangki: 10 liter bensin murni dan atau CNG setara 20ltr

PERFORMANCE 



1. Kecepatan maksimum: 70 km/jam 
2. Daya tanjak: 26 derajat 3. Radius Putar: 3,5 m

ALAMAT PERUSAHAAN 
 

PT.Kurnia Abadi Niaga Citra Indah Lestari
Gedung Aspin lt. 3, Jl. RS. Fatmawati no. 29, Jakarta

Brosur Mobnas Kancil

Tentang Mobnas Kancil

Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta.

Mobil kancil direncanakan, dirancang, didisain, dan dikembangkan dengan beberapa komponen yang dikembangkan bersama berbagai industri komponen dalam dan luar negeri, dan Politeknik Mekanik Swiss (sekarang POLMAN) Bandung untuk sistem Front knuckle arm. Verifikasi dan pengujian konstruksi dilakukan di Laboratorium Dinamika Pusat Antar Universitas, Institut Teknologi Bandung.

Mesin dibuat oleh Fuji Heavy Industries, pabrikan pembuat mobil Subaru, Jepang. Rear Axle dibuat oleh Fuji Machinery, juga dari Jepang. Transmisi otomatis (CVT, Torque Converter) dibuat oleh Huffco-Comet, Amerika Serikat. Sedangkan panel fiberglass body dibuat oleh PT. Induro, Tangerang.

Mobil KANCIL memenuhi syarat layak jalan dari Departemen Perhubungan setelah memenuhi dan melalui beberapa syarat pengujian. Begitu juga wewenang untuk membuat Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) dimiliki oleh PT. KANCIL. NIK (dalam bahasa Inggris: Vehicle Identification Number) sangat penting untuk dapat diakui oleh instansi kepolisian sebagai dasar pembuatan BPKB dan STNK.



Spesifikasi:
  • Dimensi Utama (panjang x lebar x tinggi) : 2.800 x 1.385 x 1.720 mm.
  • Wheel base - 2.100 mm.
  • Thread - 1.200 mm.
  • Berat kotor kendaraan - 850 kg.
  • Radius putar : 4,5 m.
  • Mesin : bensin, 1 silinder, 404 cc, 4 langkah, EH41 DUS.
  • Tenaga maksimum : 13,5 hp (3.600 rpm).
  • Torsi maksimum: 28,4 Nm (2.500 rpm).
  • Transmisi : Continuous Variable Transmission (CVT) rasio tertinggi 0,6 : 1, rasio terendah 3,4 : 1.
  • Steering : Rack & Pinion Gear.
  • Suspensi depan : Double control arm, transverse single leaf spring, hydraulic shock absorber.
  • Suspensi belakang : Trailing arm, Coil spring, hydralic shock absorber.
  • Rear Axle : Rigid Transaxle, Differensial final ratio 10,7 : 1 dengan reverse gear.
  • Sistem rem : Drum brake, 2 hydraulic circuits.
  • Battery : 12 V 24 Ah.
  • Tire : 5.00-10, 6PR.
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 20 liter.
  • Kecepatan (maks) : 58 km/jam.
  • Daya tanjak : 51 % (26,9 derajat).
  • Percepatan 0-50 km/jam (beban penuh) : 15,1 detik
  • Jarak pengereman dari 35 km/jam (beban penuh) : 9,2 m dalam 1,7 detik.
Sumber:  http://id.wikipedia.org/wiki/Kancil_%28kendaraan%29